Pendidikan Tasawuf: Sebuah Pendekatan dalam Membangun Moralitas Anak Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.47945/alfikr.v9i1.304Keywords:
Sufism Moral Education, Moral Decline, Sufism TeachingsAbstract
Abstrak
Adanya kemerosotan moral yang terjadi pada Bangsa Indonesia,terutama pada generasi muda menjadi pemicu dekadensi moral pada negeri ini. Kemerosotan moral itu didasari karena kurangnya aspek spiritualitas dalam diri mereka,sehingga meninggalkan ciri khas Bangsa Indonesia selama ini. Tujuan penulis melakukan penelitian ini yaitu memberikan solusi alternatif untuk membangun moralitas anak bangsa dengan revolusi spiritual melalui Pendidikan berbasis tasawuf. Metode yang digunakan dalam penulisan ini ialah dengan menggunakan metode kajian literatur, yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai bahan bacaan dari berbagai sumber baik buku maupun artikel secara offline dan online yang berhubungan dengan tasawuf dan pendidikan moral dengan teknik content analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan tasawuf mengajarkan manusia untuk membersihkan dan menyucikan hati, dan dengan hati yang murni dapat menciptakan kebajikan peradaban (akhlaq al-karimah). Oleh karena itu,pendidikan tasawuf merupakan landasan yang sangat penting dalam membangun moralitas anak bangsa. Pendidikan tasawuf memberikan landasan psikologis dengan prinsip utama membersihkan diri dari sifat-sifat yang buruk dan menghiasi diri dengan sifat-sifat yang utama meliputi ikhlas, tawakkal, sabar dan syukur.
Downloads
References
Achlami, H. H. (2015). Tasawuf Sosial Dan Solusi Krisis Moral. Ijtimaiyya, Vol. 8, No. 1, Februari 2015, 1-12.
Amin, M. (2019). TASAWUF DAN RESOLUSI MORAL: STUDI TERHADAP IMPLIKASI AJARAN TASAWUF DALAM MENGATASI DEGRADASI MORAL. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/issue/view/414, 1-12.
Bahroni. (2009). Pendidikan Islam sebagai Solusi Alternnatif Untuk Mengatasi Kemerosotan Moralitas Anak Bangsa . JURNAL PEMIKIRAN ALTERNATIF KEPENDIDIKAN, 1-14.
Dr. H. Mustadi, M. (DESEMBER 2015). MEMBANGUN MORALITAS BANGSA. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Volume 14, Nomor 2 Juli-Desember 2015, 1-12.
Muhammad, M. S. (2017). AJARAN TASAWUF DALAM NASKAH BAHRU AR-RAHMAH. jurnal.upmk.ac.id/index./jaladri/issue/view/3.
Muhyiddin, M., & Chudzaifah, I. (2021). Konsep Pendidikan Perspektif Al-Qur'an: Kajian Tematik. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam , 7 (1), 26-37.
Munjiat, S. M. (2009). PERAN TASAWUF DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Al-Tarbawi Al-Hadisah, 1-12.
Mushlihin, S. M. (2014, March 4). Tasawuf dan Kesehatan Jiwa. https://www.referensimakalah.com/2014/03/tasawuf-dan-kesehatan-jiwa.html, p. 5.
Mustangin, K. (2014). METODE TAZKIYATUN NAFS (PENYUCIAN JIWA) MELALUI IBADAH SOLAT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11072/1/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf, 71.
Saifullah, M. (n.d.). MEMBANGUN MORALITAS ANAK BANGSA MELALUI TASAWUF. Prosiding SEMATEKSOS 3 JOURNAL, 1-7.
SulkifliI. (2018). Peran Tasawuf Dalam Menghadapi Era Globalisasi. ISBN 978-602-50710-7-2 , 1-7.
Wijayanti, I. (n.d.). KEMEROSOTAN NILAI MORAL YANG TERJADI PADA GENERASI MUDA DI ERA MODERN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1-8